budayakan komentar setelah membaca

Jumat, 15 Januari 2010

Jangan Buang-Buang Waktu

Setiap orang di dunia ini memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam atau 1440 menit dalam satu harinya. Apa saja yang dilakukan oleh setiap orang dalam satu hari? Setiap manusia memiliki waktu 24 jam dan harus menghabiskannya adalam satu hari. Semua orang pasti bisa menghabiskannya, karena keesokan harinya waktu itu sudah ‘hangus’, dan harus memulai hari baru, begitu dan seterusnya.

Apakah kita hanya ingin menghabiskan waktu saat ini untuk bersenang-senang atau hanya tidur saja? Semua itu pilihan. Namun yang pasti, jika kita hanya tidur, maka kita hanya akan menjadi tua dan beruban, sedangkan jika kita menginvestasikan waktu untuk hal yang positif, maka kita akan menjadi manusia yang lebih baik, baik secara finansial, kebijaksanaan dan pengetahuan.

Orang-orang hebat dari Donald Trump, Warren Buffet, Bill Gates, Henry Ford, Soekarno, sampai dengan Gus Dur mereka telah menginvestasikan waktu mereka dengan sangat berharga, bukan hanya bagi diri mereka sendiri, namun juga bagi orang lain. Mereka sama dengan orang rata-rata yang hanya memiliki waktu 24 jam, namun mereka menjadi berbeda dengan orang rata-rata karena mereka tahu bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik. Apakah kita semua akan mendengar nama besar mereka, jika mereka hanya menghabiskan waktu untuk tidur dan tidak melakukan apa-apa? Saya yakin tidak.

Benyamin Franklin pernah menyatakan waktu adalah inti dari kehidupan. Jika kamu mencintai kehidupan, maka gunakan waktumu dengan baik. Begitu pula dengan Henry Ford. Ia pernah berkata, ‘Menurut pengamatan saya, kebanyakan orang maju karena mereka menggunakan waktu yang justru disia-siakan oleh orang lain’. Pertanyaan utamanya adalah, apakah kita sudah benar-benar memanfaatkan waktu yang sangat berharga bagi kita dan lingkungan kita?

Apapun jawabannya, guru bijak pastilah akan menyarankan supaya kita mulai dari sekarang menginvestasikan waktu kita, dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Gunakan waktu dengan baik, pastilah kita akan memiliki kebiasaan menjadi orang hebat dan sukses.

Untuk jadi sukses, hebat atau menjadi pahlawan, tidak perlu selalu harus dikenal banyak orang. Bukan masalah kita akan menjadi orang seperti Bill Gates atau Bung Karno atau siapa pun itu, yang penting kita bisa memulai menjadi pahlawan dan orang sukses bagi teman kita, keluarga kita ataupun lingkungan kita.

Sekali lagi, bukan masalah kita berada dimana, masalahnya adalah bagaimana kita menggunakan waktu untuk mengisi kehidupan kita. Percayalah, hanya waktu yang sangat berharga ini yang bisa membuktikan bahwa kita layak dapat BINTANG!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar