budayakan komentar setelah membaca

Minggu, 25 April 2010

Indonesia di Piala Dunia

Piala Dunia FIFA 1938 adalah Piala Dunia FIFA ke-tiga, yang diselenggarkan di Perancis, dari 4 Juni hingga 19 Juni 1938. Tim peserta Piala Dunia III/1938 hanya 15 tim, yaitu Italia, Prancis, Belgia, Brasil, Cekoslovakia, Belanda, Hongaria, Swiss, Jerman, Swedia, Rumania, Norwegia, Kuba, Polandia, dan Hindia-Belanda (Indonesia). Empat tim terakhir tampil untuk pertama kalinya pada Piala Dunia.

Tim Indonesia mengusung nama Nederlandsche Indiesche atau Netherland East Indies atau Hindia Belanda merupakan negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Namun, tampilnya Hindia-Belanda bukan karena lolos babak kualifikasi, tetapi keberuntungan. Hindia-Belanda tampil di Piala Dunia 1938 atas dasar penunjukkan FIFA karena Jepang yang mendapat jatah absen. Panasnya keadaan di Eropa dan sulitnya transportasi ke Prancis secara tak langsung memberikan keuntungan. Jepang menolak hadir dan memberikan kesempatan bagi Hindia Belanda untuk tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Lalu Amerika Serikat yang jadi lawan berikutnya menyerah tanpa bertanding.

Ditangani pelatih Johannes Mastenbroek, pemain kesebelasan Hindia Belanda adalah mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan Belanda. Hindia-Belanda ketika itu diperkuat para pemain asli Indonesia serta warga Tionghoa dan Belanda seperti Anwar Sutan, Achmad Nawir, Mo Heng, Hong Djien, Henk Zomers, dan G. Van Den Burg.

Turnamen Piala Dunia 1938 menggunakan format knock out (sistem gugur). Untuk pertama kalinya tuan rumah dan juara bertahan lolos langsung ke putaran final, sistem yang digunakan sampai sekarang. Di babak pertama (16 Besar), Hindia-Belanda bertemu tim tangguh, Hongaria di Stadion Velodrome Municipale, Reims, 5 Juni 1938. Pada pertandingan yang disaksikan 9.000 penonton itu, Hindia-Belanda tak mampu berbuat banyak dan terpaksa pulang lebih cepat setelah digilas 6-0.


skuad utama:
-Mo Heng TAN (GK)
-NAWIR
-Hong Djien TAN
-Frans MEENG
-Tjaak PATTIWAEL
-Hans TAIHUTTU
-Suvarte SOEDERMADJI
-Anwar SUTAN
-Henk ZOMERS
-Frans HU KON
-Jack SAMUELS

pemain pengganti:
-J. HARTING (GK)
-Mo Heng BING
-DORST
-TEILHERBER
-G. FAULHABER
-R. TELWE
-Se Han TAN
-G. VAN DEN BURG

pelatih:
Johannes VAN MASTENBROEK (NED)



sumber:
http://tahukahanda.wordpress.com/2006/05/11/indonesia-adalah-negara-asia-pertama-di-piala-dunia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Dunia_FIFA_1938
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=137618

Tidak ada komentar:

Posting Komentar